Cara Menanam Buah Naga Di Pot


Cara Menanam Buah Naga Di Pot

Cara menanam buah naga di pot memang sedikit lebih ekstra dibandingkan dengan penanaman di kebun. Penanaman dalam media pot sangat cocok apabila anda ingin bercocok tanam dalam jumlah yang relatif kecil. Tanaman tersebut tentu juga dapat menghiasi rumah anda. Di sisi lain, tanaman dalam pot memiliki keuntungan dapat dipindah ke tempat lain sesuai keinginan anda. Berikut adalah tahapan yang anda perlukan untuk bertanam buah naga di dalam pot.

1. Tahap Penyiapan Pot
Pot yang digunakan dapat berbahan semen, plastic, atau drum yang telah dipotong. Akan tetapi, karena tanaman buah naga memerlukan perubahan suhu yang cukup signifikan dari siang dan malam saat pembungaan, pot dari bahan tanah liat menjadi pilihan yang paling ideal. Ukuran yang dipakai minimal 40cm untuk diameternya, semakin besar tentu akan lebih baik.

2. Tahap Penyiapan Tiang Panjat
Untuk menopang rambatan buah naga, nantinya akan diperlukan tiang panjat yang kokoh . Akar udara dan beberapa cabang produktif tanaman buah naga yang berbobot akan melilit di tiang panjat tersebut. Akan tetapi, perlu dicermati agar tidak sampai penempatan tiang panjat merusak pot tanaman. Tiang panjat dapat dibuat dari beton berdiameter 10cm agar kuat, karena tanaman buah naga dapat bertahan dalam waktu bertahun-tahun. Untuk ukuran tinggi tiang pancang antara 1,5m sampai 2m disesuaikan dengan ukuran pot. Pastikan tiang panjat memiliki kaki penguat agar tidak mudah goyah. Pemasangan besi penguat perlu untuk dicermati agar tidak mudah berkarat. Untuk bagian atasan, dapat diberi lajur melingkar seperti stir mobil agar dapat menjadi penyangga cabang produktif.

Cara menanam buah naga di pot memang cukup menarik.


3. Tahap Penyiapan Media Penanaman
Langkah selanjutnya setelah pot tanam dan tiang panjat disiapkan, yaitu menyiapkan media penanaman. Bahan yang disiapkan yaitu pupuk kandang, tanah, pasir dan kompos dengan perbandingan 3:1:2:1. Anda juga dapat menambahkan kapur pertanian (dolomite) 100gr untuk dicampurkan. Setelah dicampur rata, siram media tersebut dengan air hingga jenuh dan biarkan sampai semalam.

4. Tahap Penanaman Bibit
Pilih bibit yang sudah tua, besar, berwarna hijau tua keabuan yang benar-benar sehat untuk hasil yang maksimal. Panjang bibit yang ideal yaitu 30cm. Pastikan bibit tertanam kuat di pot agar tidak mudah goyah. Selanjutnya tanaman dapat disiram air dan diletakkan ditempat terbuka yang terkena matahari langsung.

5. Tahap Pemeliharaan Tanaman
Pada dasarnya pemeliharaan tanaman buah naga yang ditanam di dalam pot tidak jauh berbeda dengan yang ditanam dikebun secara langsung. Pemeliharaan meliputi tahapan pemupukan, penyiraman dan pemangkasan cabang yang tidak diperlukan. Perlu anda cermati bahwa tanaman harus dipastikan menempel dengan baik pada tiang panjat yang telah dibuat, oleh karena itu anda perlu mengikat batang buah naga pada tiang panjat tersebut dengan menggunakan tali atau kawat akan tetapi tidak boleh terlalu kencang agar tidak merusak batang atau cabang tanaman seiring pertumbuhannya yang semakin membesar.

Sekian cara menanam buah naga di pot dari Nagapena, semoga berhasil.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »