Ciri - ciri Tumbuhan Paku


Ciri - ciri Tumbuhan Paku

Ciri - Ciri Tumbuhan Paku

Ciri - ciri tumbuhan paku akan nampak jelas ketika kita amati. Ia adalah tanaman dengan pembuluh sejati namun tidak memiliki biji untuk reproduksinya. Namun tumbuhan paku ini berkembang biak secara unik dengan spora. Tumbuhan ini mudah sekali tumbuh, hampir ada di seluruh belahan dunia kecuali gurun dan daerah dengan salju abadi.

Bentuk tumbuhan ini amat bervariasi, ada yang epifit, hidrofit, namun biasanya mudah kita jumpai dalam bentuk rimpang yang menjalar di atas tanah.

Tumbuhan Paku

 Tumbuhan Paku

Secara umum, ciri-ciri tumbuhan paku adalah sbb:
  • Pada saat masih usia muda, biasanya daun tanaman paku menggulung ataupun bersisik.
  • Tumbuhan paku tersebut bereproduksi secara aseksual dengan cara membentuk gemmae dan bereproduksi secara seksual dengan peleburan gamet jantan dan betina.
  • Pada siklus hehidupan (metagenesis) tanaman paku, terdapat fase sporofit, yaitu fase tumbuhan paku itu sendiri.
  • Pada fase sporofit saat siklus hidup (metagenesis) tumbuhan paku, ia akan memiliki sifat lebih dominan dibandingkan fase gametofitnya.
  • Tumbuhan paku mempunyai klorofil sehingga ia bersifat fotoautotrof (mengolah makanannnya sendiri).
  • Tumbuhan paku memiliki perbedaan dengan lumut, karena tumbuhan paku ini telah memiliki akar, batang, maupun daun sejati. Oleh karena alasan inilah, tumbuhan paku dimasukkan dalam kategori kormophyta berspora.
  • Jika dilihat dengan seksama pada anatomi tumbuhan paku, baik pada akar, batang, maupun daun, sudah mempunyai berkas pembuluh angkut, yaitu xilem yang bertugas mengangkut air dan garam mineral dari akar ke daun untuk proses fotosintesis, dan floem yang akan mengedarkan hasil fotosintesis tersebut dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.
  • Habitat tumbuhan paku ada yang di darat dan ada pula yang di perairan serta ada yang hidupnya menempel. 
Contoh Tumbuhan Paku
Contoh Tumbuhan Paku
Ciri - ciri khusus (khas) tumbuhan paku adalah seperti di atas, dan biasanya tumbuhan ini mudah dijumpai di tempat yang lembab.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
August 3, 2015 at 7:26 AM delete

Zaman sma, pelajaran favoritku nih :"

Reply
avatar