Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Sangat banyak kandungan nutrisi buah tomat sehingga kita dapat mengambil manfaat buah tomat untuk kesehatan kita. Masyarakat kita memanfaatkan sayuran ini untuk membantu memulihkan kebugaran, atau terapi. Sebagian besar masyarakat juga menggunakan buah ini sebagai sayuran pelengkap.
Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat buah tomat untuk kesehatan

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Dengan Tomat

Sebagian masyarakat menggunakan buah tomat untuk terapi pengobatan karena mangandung karotin yang berfungsi sebagai pembentuk provitamin A dan lycopen yang mampu mencegah kanker. Sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk terapi pengobatan alami, buah tomat berkhasiat untuk
  1. mencegah dan mengobati radang usus buntu,
  2. membantu penyembuhan penyakit rabun senja, 
  3. mengobati penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C, 
  4. membantu mengobati penyakit gigi dan gusi, 
  5. mempercepat penyembuhan luka, mengobati jerawat, 
  6. mencegah pembentukan batu empedu pada saluran kencing,
  7. membantu penyembuhan penyakit skorbut, 
  8. menjaga stamina, 
  9. serta membantu penyembuhan penyakit lever, encok, TBC dan asma.

Penelitian Mengenai Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Beberapa penelitian mengenai kandungan nutrisi buah tomat menyimpulkan bahwa buah ini memiliki efek positif terhadap kolesterol tubuh.

Jus tomat
Anda dapat mengambil manfaat buah ini dengan mengolahnya menjadi jus tomat

Penelitian yang pernah dilakukan Dr. Michael Avira, Kepala Lipid Research Laboratory di Technion Institute of Technology and Rabam Medical Centre, Haifa, Israel membuktikan bahwa pemberian 60mg lycopen selama tiga bulan kepada 30 orang dapat mengurangi 14% kepadatan plasma kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) di dalam pembuluh darah. Plasma kolesterol LDL adalah salah satu kolesterol atau kadar lemak yang ada di dalam tubuh kita.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Dr. A. Vaket Rao, Profesor dari Departemen of Nutritional Sciences, Faculty of Medicine, University of Toronto, Kanada menganai manfaat buah tomat untuk kesehatan menyebutkan bahwa penerapan pola makan yang mengandung lycopen seperti jus tomat, spagheti dengan saus tomat, dan ekstrak lycopen dari buah tomat kepada 19 orang sehat selama satu minggu dapat mengurangi kadar kolesterol jahat LDL.

Sumber : Bertanam Tomat (Bernardinus T. Wahyu Wiryanta)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »