Contoh Program Pascal Paling Sederhana

Contoh Program Pascal Paling Sederhana

Contoh Program Pascal Paling Sederhana

Contoh program pascal paling sederhana adalah program yang hanya terdiri dari sebuah pernyataan saja. Bagian pernyataan (statement) merupakan bagian paling bontot alias akhir dari suatu blok. Bagian ini diawali dengan kata cadangan (reserve word) Begin, dan diakhiri dengan kata cadangan End. Jadi, suatu program pascal yang paling sederhana dapat berbentuk seperti ini:

Begin

End.

Bagian ini memang menunjukkan apa perlakuan yang akan terjadi atau dilakukan oleh program tersebut. Tindakan yang dilakukan program tergantung sesuai instruksi-instruksi yang kita berikan. Pernyataan atau statement inilah yang akan diberikan dan dikerjakan oleh si kompi, yang ditulis antara Begin dan End. (diakhiri dengan tanda titik). Pada contoh program di atas, namanya program kosong, karena statement-nya kosong (empty statement) dan jika dieksekusi tidak akan menghasilkan apapun. Mengapa hal itu bisa terjadi? Itu karena tidak ada perintah yang harus dilakukan, walaupun program tersebut tertulis dengan benar. Bentuk umumnya sebagai berikut:

Begin
       
          Statement

End.

Contoh 1:
Begin
 Writeln(‘Nama Saya Muhamad Purwanto.’);
 Writeln (‘==========================’);
End.

Maka, di kompi anda akan tereksekusi dan muncul

Nama Saya Muhamad Purwanto.
===========================
Statement writeln di atas gunanya untuk menampilkan hasil per baris, turun ke bawah. Bandingkan jika hanya anda tulis dengan write! Perlu diperhatikan juga untuk statement harus diakhiri dengan titik koma, kecuali untuk yang terakhir sebenarnya boleh dikasih titik koma atau tidak. Ini contoh program pascal yang paling dasar, dan memang contoh program pascal paling sederhana, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »