Teknologi Reproduksi Pada Tumbuhan, Hewan dan Manusia

Teknologi reproduksi pada tumbuhan, hewan dan manusia semakin berkembang. Teknologi reproduksi merupakan cara untuk menghasilkan individu baru yang sifatnya sesuai keinginan melalui serangkaian prosedur ilmiah. Teknologi reproduksi itu dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Teknologi Reproduksi Pada Tumbuhan, Hewan dan Manusia

Teknologi Reproduksi Pada Tumbuhan, Hewan dan Manusia

1. Kultur Jaringan
Kultur jaringan adalah suatu metode untuk mengisolasi bagian dari tanaman seperti sekelompok sel atau jaringan yang ditumbuhkan dengan kondisi aseptik, sehingga bagian tanaman tersebut dapat memperbanyak diri tumbuh menjadi tanaman lengkap kembali.

2. Inseminasi Buatan
Inseminasi buatan adalah proses pembuahan dengan cara memasukkan sperma ke dalam rahim. Kesempatan hamil dengan program ini rata-rata berkisar 5-25%. Empat sampai enam minggu sebelum jadwal inseminasi, calon ibu diminta minum pil hormonal untuk merangsang terjadinya ovulasi, yakni proses matang dan keluarnya sel telur.

3. IVF (In Vitro Fertilization)
Program bayi tabung atau dalam bahasa latinnya in vitro fertilization (IVF) adalah sebuah teknologi kedokteran yang digunakan untuk membuahi sel telur wanita (ovum) di mana proses pembuahan tersebut terjadi di luar rahim. IVF adalah salah satu metode untuk mengatasi masalah kesuburan ketika metode lainnya tidak berhasil dilakukan guna mendapatkan keturunan.

4. ICSI (Intracitoplasmic Sperm Injection)
ICSI juga merupakan salah satu teknologi kedokteran yang mampu mengatasi masalah kesuburan dan membantu agar reproduksi. Sekilas, ICSI menggunakan proses yang sama seperti program bayi tabung (IVF). Akan tetapi, cara sel telur dan sel sperma disatukan itu berbeda. Dengan IVF, sperma akan berenang menuju telur dan mencoba untuk membuahinya. Sedangkan ICSI, hanya membutuhkan sebuah sperma saja dan dokter akan menginjeksikannya secara langsung pada sel telur.

Artinya, tidak ada perbedaan antara ICSI dan IVF dalam konteks perawatan yang dijalani. Satu-satunya perbedaan adalah cara telur dibuahi di laboratorium.

5. Rekayasa Genetika
Rekayasa genetika adalah suatu usaha memanipulasi sifat genetik suatu makhluk hidup hidup untuk menghasilkan makhluk hidup yang memiliki sifat yang diinginkan. Rekayasa genetika dapat dilakukan dengan menambah, mengurangi, atau menggabungkan dua materi genetik (DNA) yang berasal dari dua organisme berbeda.

Semoga beberapa informasi teknologi reproduksi pada tumbuhan, hewan dan manusia di atas dapat membantu anda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »