Pengertian Perekayasaan Industri

Pengertian Perekayasaan Industri - Industri merupakan suatu bidang yang menggunakan ketrampilan, dan ketekunan dalam kerja, selain itu dapat juga diartikan dalam penggunaan alat-alat di bidang pengolahan hasil-hasil bumi, dan distribusinya sebagai aktivitas dasarnya. Maka industri tersebut umumnya dikenal sebagai kelanjutan dari proses atau usaha untuk mencukupi kebutuhan (ekonomi) yang berhubungan dengan hasil bumi di masyarakat, yaitu tepatnya pada langkah setelah pertanian, perkebunan, dan pertambangan yang berhubungan erat dengan tanah. Kedudukan industri tersebut semakin jauh dari tanah, yang menjadi basis untuk kekuatan ekonomi, budaya, dan politik.

Pengertian Perekayasaan Industri

Pengertian Perekayasaan Industri

Sementara itu, Perekayasaan Industri merupakan kegiatan industri yang berhubungan dengan perancangan dan pembuatan mesin/peralatan pabrik dan peralatan industri lainnya. (Pasal 1 Angka 15 UU Nomor 5 Tahun 1984 Tentang Perindutrian).

Perekayasaan Industri dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu industri barang dan jasa.

1. Industri Barang
Secara sederhana, industri barang merupakan aktivitas mengolah bahan baku menjadi barang jadi, umumnya akan menggunakan peralatan pembantu baik masih dalam skala sederhana atau sudah canggih.

2. Industri Jasa
Industri jasa merupakan aktivitas ekonomi yang berfokus pada pelayanan jasa. Contoh dari insudtri jasa yaitu transportasi, pengiriman barang, atau asuransi kesehatan BPJS.

Pengertian Perekayasaan Industri ini diambil dari beberapa sumber.



Artikel Terkait

Previous
Next Post »