Klasifikasi Xylocarpus Granatum

Klasifikasi xylocarpus granatum - Tanaman Xylocarpus granatum merupakan tanaman yang hidup di daerah pasang surut air laut. Tanaman ini sering dijumpai dengan kepemilikan akar napas.

Klasifikasi Xylocarpus Granatum

Kingdom: Plantae
Division: Magnoliophyta
Class: Magnoliopsida
Order: Sapindales
Family: Meliaceae Juss.
Genus: Xylocarpus
Spesies : Xylocarpus granatum König

Xylocarpus granatum memiliki habitus pohon dengan ketinggian mencapai 8 meter. Batang berwarna merah kecoklatan. Permukaan batang halus. Pada bagian tertentu dari batang terdapat bagian dari kulit batang yang mengelupas.

Diameter batang besar. Sistem perakaran Xylocarpus granatum merupakan perakaran papan dan plank roots. Perakaran papan dari Xylocarpus granatum berupa sistem perakaran yang berbentuk seperti papan. Akar keluar dari batang secara radial. Akar berwarna coklat gelap dan agak kehitaman karena tertutup oleh substrat. Plank roots merupakan sistem perakaran yang menjalar seperti perakaran normal namun bedanya perakaran ini berada di atas permukaan tanah. Perkembangan akar seperti ular yang meliuk-liuk.

Xylocarpus Granatum

Klasifikasi Xylocarpus Granatum

Daun Xylocarpus granatum merupakan daun compound yaitu sistem daun yang memiliki ibu tangkai daun, dimana dari ibu tangkai ini keluar tangkai-tangkai daun (daun majemuk). Daun tersusun secara alternate yaitu susunan dimana letak daun berselangseling, pada satu sisi dengan ketinggian yang sama hanya terdapat satu daun.

Bentuk daun eliptical, bentuk ujung daun dan pangkal daun sama. Apabila daun dilipat pada bagian tengah, akan tegak lurus tulang daun, maka akan didapatkan bentuk simetri daun ujung daun tumpul, panjang daun 7-12 cm, warna daun hijau. Bunga dan buah Xylocarpus granatum tidak ditemukan dalam pengamatan kali ini, karena pohon tidak berbunga dan berbuah, sehingga tidak dapat dilakukan usaha membuat profil tentang bunga dan buahnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »