Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian manajemen menurut para ahli dapat anda baca seperti penulis sajikan berikut. Manajemen memang memiliki peran yang begitu penting dalam kehidupan. Itu terjadi karena dalam hampir segala hal baik perusahaan, pendidikan atau apapun yang berhubungan dengan pengorganisasian kegiatan, diperlukan pengaturan atau manajemen yang sesuai dengan tugas pokok masing-masing bagian. Beberapa pengertian manajemen menurut para ahli dalam bukunya dapat penulis rangkum seperti di bawah ini.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Menurut Chr. Jimmy L. Gaol (2008), manajemen merupakan proses kerja  sama antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan-tujuan yang ditetapkan. Manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan, dan pengawasan dalam rangka untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. 
Manajemen adalah mendapatkan sesuatu melalui kegiatan-kegiatan orang lain.
Manajemen adalah proses kegiatan mengelola sumber daya manusia, material, dan metode (3M: Men, Material, Method) berdasarkan fungsi manajemen agar tujuan dapat tercapai secara efisien dan efektif (Alamsyah, 1997).
Manajemen juga berarti sebagai kelompok pimpinan dalam organisasi. Manajemen (management) adalah pekerjaan yang dikerjakan oleh manajer (manager). Disebutkan bahwa pekerjaan manajer bersifat manajerial (managerial), disamping itu manajerial juga dapat diartikan sebagai pimpinan. Ada tingkat (level) manajemen yaitu: (1) manajemen lini atas, (2) manajemen lini tengah, dan (3) manajemen lini bawah (Alamsyah, 1997). 
Berdasarkan uraian pengertian manajemen menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen merupakan serangkaian aktivitas pengelolaan sumberdaya, dengan seorang pimpinan yang disebut manager dan dengan beberapa tingkat (level) manajemen, untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Sumber Bacaan :
Gaol, Chr.Jimmy L.. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : PT Grasindo.
Alamsyah, Zulkifli. (1997). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »