Kelebihan dan kekurangan Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Wajib Tahu!

Kelebihan dan kekurangan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dapat kita lihat dari beberapa hal. Pada dasarnya semua sistem memiliki suatu keuntungan dengan beberapa resiko yang akan muncul.

Kelebihan dan kekurangan Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

Kelebihan dan kekurangan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) :

Secara luas sistem pendukung keputusan memang dapat memberikan berbagai manfaat atau keuntungan bagi pemakainya, antara lain:
  1. Memperluas kemampuan pengambilan keputusan dalam proses data / informasi bagi pemakai,
  2. Membantu pengambilan keputusan dalam hal penghematan waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah terutama berbagai masalah yang sangat kompleks dan tidak terstruktur,
  3. Dapat menghasilkan solusi dengan lebih cepat serta hasilnya dapat diandalkan, 
  4. Suatu sistem pendukung keputusan mungkin saja tidak mampu memecahkan masalah yang dihadapi oleh pengambil keputusan, namun dapat menjadi stimulan bagi pengambil keputusan dalam memahami persoalannya, karena sistem pendukung keputusan mampu menyajikan berbagai alternatif, 
  5. Dapat menyediakan bukti tambahan untuk memberikan bukti tambahan untuk memberikan pembenaran sehingga posisi pengambil keputusan.
Disamping berbagai keuntungan dan manfaat seperti dikemukakan diatas, Sistem Pendukung Keputusan (SPK) juga memiliki beberapa keterbatasan, diantaranya adalah :
  1. Ada beberapa kemampuan manajemen dan bakat manusia yang tidak dapat dimodelkan, sehingga model yang ada dalam sistem tidak semuanya mencerminkan persoalan sebenarnya, 
  2. Kemampuan suatu SPK terbatas pada perbendaharaan yang dimilikinya (pengetahuan dasar serta model dasar), 
  3. Proses-proses yang dapat dilakukan SPK biasanya juga tergantung pada perangkat lunak yang digunakan, 
  4. SPK tidak memiliki kemampuan intuisi seperti yang dimiliki manusia. 
Sistem pendukung keputusan pada dasarnya dirancang untuk membantu pangambil keputusan dalam melaksanakan tugasnya. Dalam pemrosesannya, SPK dapat menggunakan bantuan dari sistem lain seperti Artificial Intelligence, Expert Systems, Fuzzy Logic, dll.

Setelah kita memahami beberapa kelebihan dan kekurangan Sistem Pendukung Keputusan (SPK), kita akan tahu apa langkah yang dapat diambil untuk menyempurnakan kekurangan tersebut. melalui titiw awal inilah suatu kombinasi sistem cerdas mulai dipakai.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »