Faktor-Faktor Penghambat Perubahan Sosial Budaya

Faktor-faktor penghambat perubahan sosial budaya di masyarakat sangat kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai segmen. Memang dalam kenyatannya, setiap masyarakat akan mengalami suatu perubahan sosial. Perubahan sosial dapat dijelaskan secara singkat yaitu perubahan dalam bidang hubungan sosial atau keseimbangan dalam hubungan sosial di masyratakat tersebut.

Faktor-Faktor Penghambat Perubahan Sosial Budaya

Faktor-Faktor Penghambat Perubahan Sosial Budaya


Menurut pendapat Bapak Soerjono Soekanto (1982), ada delapan faktor penting yang menghalangi terjadinya perubahan sosial masyarakat. Delapan pokok yang menghambat tersebut dapat dijelaskan seperti di bawah ini.

Faktor-Faktor Penghambat Perubahan Sosial Budaya Menurut Soerjono Soekanto


1. Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain.
Suatu kelompok yang memiliki kecenderungan terisolasi dari kelompok lain akan tertutup untuk mengetahui perkembangan-perkembangan yang terjadi pada masyarakat lain yang mungkin dapat memperkaya kebudayannya sendiri.

2. Perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat.
Keterlambatan menerima informasi mengenai suatu ulmu pengetahuan akan menghambat perkembangan, karena biasanya berhubungan erat edngan teknologi yang dipakai oleh masyarakat tersebut.

3. Sikap masyarakat yang konservatif.
Kecenderungan untuk mempertahankan tradisi masa lampau akan membuat kelompok masyarakat untuk stagnan atau statis pada tingkat kebudayaan tertentu.

4. Adanya kepentingan pribadi maupun kelompok yang tertanam cukup kuat (vested of interest).
Ketertarikan kelompok masyarakat bahwa lebih senang menggunakan kebiasaan tertentu akan membuat perkembangan menjadi lambat.

5. Adanya perasaan takut akan terjadi goncangan pada integrasi kebudayaan dan menimbulkan pengaruh pada aspek tertentu di masyarakat.

6. Prasangka negatif terhadap perubahan.
Perubahan akan menjadi lambat karena masyarakat menganggap perubahan yang baru adalah bersifat negatif dan tidak diperlukan.

7. Hambatan yang bersifat ideologis.
Adanya perubahan yang berlawanan dengan ideologi masyarakat akan sangat sulit dilakukan, apalagi masyarakat tersebut sudah memiliki suatu dasar atau pandangan hidup sendiri.

8. Adat kebiasaan tertentu pada masyarakat atau kelompok yang sangat sulit untuk diubah.

Sebenarnya ada faktor lain yang menurut penulis juga dapat menjadi salah satu dari Faktor-faktor penghambat perubahan sosial budaya di masyarakat. Faktor tersebut saya namakan sebagai Kondisi Sosial. Apabila kondisi sosial masyarakat terjadi goncangan akibat adanya bencana alam atau perang, maka perubahan yang dinantikan akan menjadi sangat lambat, bahkan musnah.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »